Cerita di Balik Unas & SNMPTN Undangan : Peringkat Dua Unas Se-Indonesia Tidak Lolos SNMPTN Undangan

Unas dan Snmptn undangan menjadi cerita yang sinkron bagi Helena Martha Friska Saragi Napitu.

Setelah sebelumnya nama Helena asal SMA Methodist 2 Medan ini menjadi perbincangan banyak media atas prestasinya meraih nilai Unas tertinggi ke dua se-Indonesia kini namanya kembali menjadi perbincangan atas ketidaklolosannya dalam SNMPTN Undangan.

Nilai rata-rata unas Helena mencapai 9,78, hanya terpaut beberapa point dengan nilai rata-rata unas tertinggi pertama yang diraih oleh siswa SMA 4 Denpasar Bali.

Helena memilih tiga prodi dalam SNMPTN undangan, yakni kedokteran UI, akuntansi UI dan kedokteran USU. Pengumuman hasil snmptn undangan yang diterima sehari setelah pengumuman unas menyatakan Helena tidak lolos satu pun dari ketiga prodi pilihan tersebut.

Kaget dan sedih menjadi perasaan Helena setelah sebelumnya merasa senang atas prestasinya di unas. Helena pun mencoba mencari tahu alasan kegagalannya dengan mengirimkan pertanyaan melalui email panitia snmptn. Padahal selain meraih nilai unas tertinggi kedua, Helena juga juara umum disekolahnya selama ini.

Pihak sekolah, SMA Melodist 2 Medan sudah mengirimkan nilai Helena ke panitia SNMPTN. Rasa heran juga menyelimuti pihak sekolah, pasalnya ada seorang siswa yang peringkatnya dibawah Helena justru lolos di kedokteran USU.

Panitia lokal snmptn yang juga pembantu rektor I USU menyatakan tidak tahu alasan ketidaklolosan Helena. Ketua panitia berpendapat mungkin ada faktor lain seperti tidak tepatnya pola pemilihan prodi serta kalah bersaing dengan peserta lain, sedangkan pilihan ke dua dan ketiga sudah terisi.

Ketua umum panitia snmptn menambahkan, nilai unas tidak menjadi patokan. Yang diambil dari unas adalah kelulusan saja sehingga persaingan snmptn murni dari nilai rapot semester I sampai V dan proses seleksi dilakukan oleh universitas pilihan pertama, bukan oleh panitia.

About N. Aini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: