Cara Penilaian Rapor SNMPTN Jalur Undangan

Mark up nilai rapot atau dalam bahasa kasarnya pembuatan nilai yang tinggi oleh pihak sekolah menjadi salah satu hal yang cukup dikhawatirkan oleh para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan.

Salah satu panitia lokal SNMPTN 2013 dari Universitas Lampung (Unila) menuturkan cara khusus panitia mengatasi mark up nilai yang mungkin dilakukan pihak sekolah.

Cara tersebut antara lain dengan Menggunakan parameter dari segi kualitas siswa dan sekolah

Nilai rapor yang diinput kepala sekolah ke laman Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) tidak akan begitu saja diterima. Panitia SNMPTN akan
menormalisasi nilai-nilai tersebut dengan menggunakan beberapa parameter. Jadi kalau nilai rapor tinggi tetapi sekolah tidak memiliki track record berdasarkan parameter tertentu maka nilainya akan dinormalkan dan nilai rapor tadi jadi lebih rendah.

Selanjutnya dilihat dari sisi akreditasi untuk menilai kualitas sekolah. Sekolah dengan akreditasi A tentu akan berbeda dengan akreditasi lain. Bobot akreditasi ini juga akan membedakan perangkingan
siswa yang memiliki nilai sama. Dengan cara seperti ini sekolah dengan akreditasi yang lebih baik tidak akan dirugikan oleh sekolah lain yang memberikan nilai berlebihan.

Selanjutnya kualitas para alumni. IPK para alumni dari sekolah yang bersangkutan bisa menjadi parameter untuk menentukan kualitas sekolah tersebut. IPK para alumni akan dilihat dalam dua hingga empat semester.

Setelah semua proses normalisasi nilai dilakukan maka baru dilakukan pemetaan nilai berdasarkan rata-rata.

Untuk prodi tertentu yang memiliki standar nilai tertentu dari mapel tertentu dari sana proses perangkingan juga dilakukan berdasarkan kuota yang dibutuhkan.

About N. Aini


One response to “Cara Penilaian Rapor SNMPTN Jalur Undangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: