Kurikulum Baru SD, SMP & SMA

Kemendikbud berencana melakukan verifikasi ulang kurikulum pendidikan. Setelah sekian lama digodok akhirnya terjadi perubahan dibeberapa mata pelajaran untuk jenjang SD, SMP dan SMA. Rencananya kurikulum baru ini akan diberlakukan mulai tahun pelajaran 2013/2014.

Mata pelajaran yang dihilangkan untuk jenjang SD adalah Pendidikan kewarganegaraan (PKn), IPA, IPS dan muatan lokal. Untuk jenjang SMP dan SMA yang dihilangkan adalah mapel pendidikan kewarganegaraan (Pkn).

Hasil revisi kurikulum untuk SD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), ilmu pengetahuan umum (gabungan IPA & IPS) , untuk SMP & SMA ada mapel pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn).

Kembalinya mapel PPKn berawal daru kurang efektifnya penyisipan pendidikan Pancasila disetiap mapel. Selain itu juga dilatarbelakangi fenomena generasi bangsa yang sudah kehilangan identitas karakter bangsa.

-4sharedinfo-

About N. Aini


2 responses to “Kurikulum Baru SD, SMP & SMA

  • farhan

    PAK.kalau elajaran yang berhubungan dengan norma tolong jgn di hapus.biar moral dari bangsa ini tidak semakin mengerucut

  • enjang rachmat

    Kembalinya PPKn dlm kurikulum bsa jadi solusi terbaik untuk gantikan KN yg sdikit sekali memberikan ruang bagi internalisasi nilai2 Pancasila (hanya 1 bab di klas XII) bgmana mau karakter peserta didik terbina jika muatan tentang Pancsila hanya 1 bab, meskipun ktanya sudah tersirat dalam setiap bab-nya. Jujur saja KN itu dominan tentang politik, pemerintahan, hukum dsb itu sama dgn mengajar tata negara, USA mewajibkan Civic education dgn tujuan mengamerikan orang Amerika yang berasal dari berbagai ras/bangsa, tapi kalau kita kan yg tdk sama latar belakang suku bangsanya tak perlu total menirunya… ruhnya PPKn adalah nilai-nilai Pancasila yang diimplementasikan kedlm materi yg lain dalam rangka mewujudkan Good citishenship. Toh akhirnya yang terbentuk dari hasil pembelajaran KN adalah Peserta didik yang tahu dan faham hal-hal kenegaraan tetapi sikap mentalnya tidak terbina (terlalu Civic Knowledge oriented)… bukan pada skills civic dan disposition civicnya. Mari kita telaah seperti apa PPKn versi baru… semoga bisa memberikan pendidikan sikap mental pada peserta didik dan dapat meminimalisir berbagai tindakan mereka yg tidak etis dan tahu aturan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: