Membangun Brand Promotion Melalui Sosial Media

Grafik Pengguna Sosial Media

Pengguna sosial media diseluruh dunia dewasa ini sudah tak terhingga lagi. Dulu akses sosial media mungkin hanya bisa dinikmati kalangan tertentu. Tapi seiring perkembangan teknologi khususnya internet yang kini semakin mudah aksesnya, sosial media sudah sangat dekat dengan kehidupan keseharian. Hingga kini sosial media menjadi trend teknologi yang digandrungi berbagai kalangan sosial dan umur. Hal ini tentu tidak terlepas dari sifat kodrati manusia yang senang berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesamanya.

 

Dengan trend yang terus berganti dari waktu ke waktu, sosial media termasuk trend yang tidak mudah hilang. Penggunanya akan selalu menyesuaikan diri dengan sosial media baru yang menjadi trend. Misalnya ketika demam Friendster mulai menghilang dan berganti menjadi demam Facebook, pengguna Friendster pun mulai beralih ke Facebook. Begitu pula saat ini ketika ada jejaring sosial Twitter para pengguna Facebook pun mulai banyak yang mencoba bersosial media melalui Twitter.

Trend sosial media yang fenomenal ini pun tak disia-siakan dalam dunia bisnis. Banyak produsen gadget yang mendesain gadgetnya se-friendly mungkin dengan sosial media khususnya sosial media yang sedang trend. Operator seluler juga berlomba-lomba melahirkan berbagai inovasi layanan seluler untuk para pengguna sosial media. Hal ini menunjukkan betapa besar potensi bisnis yang lahir dari pengguna sosial media.

Sosial media bukan hanya sekedar media berinteraksi dan bersosialisasi saja. Melainkan juga sangat potensial sebagai media promosi (marketing). Hal ini karena jumlah penggunanya yang banyak dan mencakup semua golongan masyarakat luas serta tidak terbatas pada wilayah tertentu. Artinya pengguna sosial media memang sangat luwes dan universal. Meski begitu tetap dibutuhkan strategi dan keahlian dalam berpromosi melalui sosial media agar promosi yang dilakukan cukup efisien.

 

Arwuda Indonesia Sosial Media Agency

Arwuda Indonesia (Sosial Media Agency) bisa dikatakan sebagai pioner dalam hal ini. Hal ini ditunjukkan dengan layanannya yang cukup mencakup aspek-aspek promosi yang efektif melalui sosial media. Alasan lain adalah karena kredibilitas yang ada. Sekarang ini belum banyak korporasi yang bergerak dibidang ini sehingga akan cukup sulit mencari kredibilitas dari penyedia layanan sejenis.

 

 

Keuntungan berpromosi melalui sosial media cukuplah banyak. Diantaranya biaya promosi yang jauh lebih murah daripada promosi secara konvensional, jangkauan promosi yang luas serta bisa ditarget dan sosial media bukan hanya sebagai media informasi tetapi juga merupakan media komunikasi, dimana bisa menjadi sarana interaksi antara brand dengan konsumen sehingga memungkinkan pendekatan dan komunikasi bisnis dengan konsumen.

Terlahir menjadi trend baru sosial media juga tak lepas dari berbagai permasalahan. Banyak kasus penyalahgunaan yang terjadi pada trend ini. Namun semua kembali kepada pemikiran kritis dan rasional para penggunanya. Jika lebih bijak dan jeli memanfaatkan situasi ini tentu kita bisa mendapat banyak keuntungan dari sosial media.

Happy Sosial Media..

About N. Aini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: