Usikan buruh Foxconn untuk Apple Inc

Foxconn Technology Group atas utusan Apple Inc mendapat investigasi dari Fair Labour Association (FLA) menyusul banyak kasus perburuhan yang melibatkan perusahaan ternama perakit Iphone,Ipad untuk Apple, Xbox serta komputer Dell dan HP ini.

Kasus perburuhan yang santer terdengar adalah banyak buruh yang sakit akibat bahan kimia, sejumlah buruh mengalami kecelakaan kerja dan yang paling parah kasus bunuh diri massal buruh akibat gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang begitu berat.

Langkah petinggi Apple meminta FLA melakukan inspeksi mendapat respon cepat dari Foxconn, pihak Foxconn segera melansir kabar di Associated Press “Foxconn sejatinya telah memperhatikan kesejahteraan buruh dengan menaikkan gaji sebesar 250%.” Memang sudah sepantasnya Apple merasa terusik karena dengan isu ini Apple telah menerima 250 ribu petisi dari konsumen.

Apple pun tak tinggal diam, selain meminta inspeksi FLA Tim Cook juga menyatakan penyesalannya dan meminta Foxconn meneliti pabrik produksinya. Meski begitu, niat apik Apple ini hanya dianggap langkah pencitraan saja oleh beberapa pihak seperti Executive Director of China Labour Watch yang meragukan ketulusan Apple dan meminta Apple melakukan langkah nyata atas kasus tersebut.

Posted with WordPress for BlackBerry.

About N. Aini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: